Cara Klaim Asuransi Prudential

  • March 26, 2019

Asuransi kesehatan dinilai memberi manfaat yaitu membantu kita dalam melakukan pengobatan, apalagi terutama membutuhkan biaya besar seperti tindakan operasi atau rawat inap. Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang kesulitan mencari dana pengobatan dengan biaya yang cukup tinggi. Masyarakat kini tengah beralih untuk mengikuti program asuransi kesehatan dari pemerintah yang dapat membantu untuk melakukan pengobatan apapun.

Meskipun saat ini banyak masyarakat yang telah mempunyai asuransi namun masih banyak yang belum mengetahui atau mengerti tentang prosedur mengklaim asuransinya. Maka dari itu, kita perlu memahami kembali cara klaim asuransi prudential kita. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk mengklaim asuransi kesehatan.
Ada dua sistem yang digunakan dalam klaim kesehatan yaitu Cashless dan Reimbursement. Kedua sistem ini memiliki perbedaan yang siginifikan.

1. Cara Klaim Asuransi Sistem cashless
Sistem cashless yaitu pengajuan klaim dengan menggunakan kartu asuransi khusus peserta. Saat pemegang polis dirawat di rumah sakit rujukan atau rekanan dari penanggung (perusahaan asuransi), ia tidak perlu membayar dengan uang tunai. penanggung akan bekerja sama dengan penyedia layanan pihak ketiga (third party administrator) dalam bidang administrasi.

Untuk memudahkan ilustrasinya, kita sebut saja penyedia layanan administrasi asuransi tersebut sebagai Perusahaan Z. Berikut gambaran cara mengklaim sistem cashless:

Pada saat melakukan pendaftaran untuk dirawat, kartu identitas dan kartu peserta perlu ditunjukkan kepada petugas pendaftaran di loket khusus asuransi. Petugas pendaftaran tersebut akan menggesek kartu ke terminal Electronic Data Capture (EDC). Mesin EDC akan mencetak Letter of Authorization (LoA) yang menjelaskan manfaat yang dimiliki oleh nasabah serta status pertanggungan polis nasabah. Apabila manfaatnya ada serta status pertanggungannya aktif, maka pihak penyelanggara layanan asuransi akan menyampaikan surat konfirmasi dengan detail limit jaminan dan kelayakan nasabah.


Selanjutnya, nasabah bisa menikmati layanan kesehatan di rumah sakit yang dipilih tersebut. Pihak Z akan melakukan case monitoring selama perawatan di rumah sakit berlangsung. Ketika pihak administrasi rumah sakit menyatakan proses administrasi telah selesai dan pasien diperbolehkan pulang, pihak rumah sakit akan mengirimkan tagihan akhir dan ringkasan medis kepada pihak Z melalui faxmail.

Setelah itu, Z akan melakukan pengecekan kelayakan tagihan dan ringkasan medis. Disetujui atau ditolak, hasil keputusan klaim cashless tersebut akan dikirimkan Z ke pihak rumah sakit untuk disampaikan kepada nasabah.

Jika disetujui, surat keputusan klaim yang disetujui akan disertai dengan detail klaim asuransi yang dapat dibayar oleh peserta atau perusahaan asuransi. Apabila terdapat akses klaim maka nasabah harus membayar sebelum meninggalkan rumah sakit. apabila klaim ditolak, pemberitahuan akan disertai penjelasan alasan penolakan ke pihak rumah sakit untuk disampaikan kepada nasabah. Fasilitas cashless ini pada umumnya berlaku di seluruh jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak penanggung baik di dalam maupun luar negeri.

2. Cara Klaim asuransi sistem reimbursement
Dalam sistem reimbursement, pasien membayar semua biaya pengobatan kepada pihak rumah sakit ketika menjalani rawat inap. Setelah itu pihak pasien mengajukan klaim asuransi ke perusahaan asuransi terkait paling lambat 30 hari setelah keluar dari rumah sakit.

Saat pengajuan ini, pihak pasien harus melampirkan dokumen wajib serta berbagai dokumen pendukung. Pasien yang menggunakan fasilitas klaim reimbursement diharuskan mengisi dan menandatangani formulir pengajuan klaim perawatan rumah sakit dan menyerahkan Surat Keterangan Dokter (SKD).

Selain itu juga fotokopi identitas tertanggung yang berlaku, kuitansi dan rincian tagihan asli serta dokumen-dokumen pendukung yang dikeluarkan rumah sakit. Formulir pengajuan dapat diunduh melalui situs asuransi yang ia miliki. Ada beberapa asuransi yang dapat mengajukan klaim secara elektronik dengan menggunakan aplikasi whatsApp dan Line, serta email.

Asin

E-mail : admin@asintgroup.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*