7 Fakta Paling Menarik Dalam Sistem Pendidikan Korea Selatan

  • April 19, 2019

Kalau kita berbicara mengenai negara apa yang sistem pendidikannya paling bagus, pastinya kebanyakan akan memberikan jawaban yaitu Finlandia. Akan tetapi itu adalah data yang lama, karena sekarang, ada negara yang berhasil menggeser Finlandia sebagai pemilik sistem pendidikan yang paling bagus. Negara itu adalah negara yang berada pada semenanjung Korea, Korea Selatan. Bahkan Finlandia sekarang itu Cuma berada di peringkat ke lima saja. Korea Selatan memang memiliki sistem pendidikan yang bagus akan tetapi kalau di contoh di Indonesia saya yakin kebanyakan akan memprotesnya. Fakta menarik dari pendidikan yang ada di negeri ginseng ini telah tibuku rangkum sebagaii berikut.
1. Jam belajar 16 jam. Wah ini sih sampai dua kali lpatnya Indonesia. Siswa di Korea Selatan harus belajar di sekolah dari pagi sampai dengan malam. Jadi jangan heran, kalau di drama korea itu kita sering banget liat anak sekolahnya masih pake baju sekolah walaupun udah malem.

2. Ada 5 mata pelajaran khusus. Mata pelajaran ini yaitu seperti Bahasa Korea, matematika, sains, studi sosial dan bahasa inggris. Akan tetapi ada beberapa pelajaran lain yang bahkan gak memiliki waktu khusus. Misalnya saja pelajaran olahraga. Maka dari itu di beberapa sekolah, sering sekali saya perhatikan alat-alat olahraganya kurang. Bukannya karena mereka gak mmapu beli, tapi karena memang mata pelajarannya yang bahkan ada yang gak ada.
3. Internet yang super cepat. Di Korea selatan, kecepatan internetnya mencapai 10 gbps. Dengan kecepatan kayak gini, maka semua kegiatan belajar yang pakai internet akan semakin cepat. Selain itu, kalau mau mendownload berbagai file yang ukurannya tergolong besar juga gampang banget.
4. Sangat menghormati guru. Guru di Korea Selatan itu benar-benar di hormati, bahkan sampai di anggap seperti orang suci. Selain itu guru di sana juga tegas banget dan gak ada yang ngelawan. Beda sama di Indonesia!
5. Sekolah full sampai sabtu. Sekolah di Korea Selatan itu bukan Cuma 5 hari saja. Melainkan sampai hari sabtu. Dan di ahri sabtu, juga sekolahnya dari pagi sampai sore. Gak kebayang tuh capeknya gimana.
6. Mengikuti bimbel. Kebanyakan siswa di Korea Selatan juga akan diikutkan bimbel. Bahkan setelah selesai sekolah utana yang 16 jam itu. Maka dari itu mereka pulangnya bisa sampai larut malam dan sama sekali gak punya waktu main cukup.
7. Fasilitas pendidikan paling lengkap. Fasilitas pendidikan di Korea Selatan emang gak bisa lagi buat kita remehin. Sangat lengkap sekali, selain itu mereka juga akan menggunakan berbagai peralatan paling baru dan tercanggih. Karena mereka memang memiliki koneksi yang bagus.
Itulah beberapa fakta yang sangat menarik tentang pedidikan di Korea Selatan. Semoga bermanfaat.

Asin

E-mail : admin@asintgroup.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*